Sabtu, 26 Desember 2015

Fakta Unik Tentang Memori Manusia

 

Fakta Unik Tentang Memori Manusia

 

Bisakah kamu mengingat baju yang kamu kenakan ketika pertama kali belajar naik sepeda? Atau mungkin nama teman sekelas waktu SD? atau bisakah kamu mengingat mimpi semalam? Kalau bayangan mimpi semalam 'terputar' kembali dalam pikiranmu, itu merupakan hasil dari memori yang membentuk satu kekuatan yang sangat kompleks lalu dipasang kembali ke dalam pikiran kita.
Setiap hari otak kita memproses informasi sementara semua sistem yang berbeda bekerja sama dengan sempurna untuk memberikan pemikiran kohesif . Berkat memori , kita dapat menyimpan, menjaga dan mereproduksi informasi . 
Berikut adalah Fakta Unik Tentang Memori Manusia

1. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa otak manusia mulai mengingat ketika masih dalam rahim berumur 20 minggu setelah pembuahan .

 Penelitian pada kerja otak bayi (sumber gambar)

2. Memori memiliki dua komponen : jangka pendek dan jangka panjang. Kebanyakan ingatan jangka pendek hanya berlangsung 20 sampai 30 detik. 

3. Memori dipengaruhi oleh berbagai faktor dari apa yang Anda lihat (memori visual) dan apa yang kita dengar (memori auditori)

4. Kapasitas penyimpanan otak manusia hampir tak terbatas.

Ilustrasi otak manusia (sumber gambar)

5. Kafein tidak menguatkan memori, hanya meningkatkan ketajamannya.

 Kopi untuk otak, ilustrasi (sumber gambar)

6. Orang dewasa dapat mengingat 20-100000 kata. 

7. Tidur sangat penting untuk memori. Meskipun para ilmuwan belum mampu membuktikan bagaimana hal itu mempengaruhi otak, hal ini telah menunjukkan bahwa tidur membantu menyimpan memory jangka panjang. 

8. Banyak orang kehilangan memori ketika memasuki penuaan. Namun, kehilangan memori di masa tua umumnya terjadi karena kurang melatih otak seiring menuanya usia. 
 Ingatan manusia (sumber gambar)

9. Memori Anda dapat mengaitkan aroma dengan kejadian atau peristiwa tertentu. Bau dapat memicu memori dalam pikiran kita. Hippocampus adalah bagian dari otak besar bertanggung jawab untuk pembentukan kenangan baru dan langsung berinteraksi dengan indra penciuman kita. 
Hippocampus (sumber gambar)
10. Ada "memory palsu" di otak kita. Para peneliti mulai memahami bahwa pikiran manusia dapat membuat, membesar-besarkan, mendistorsi, atau menemukan kembali memori setelah pengalaman traumatis atau sesuatu yang berdampak sangat besar.

11. Pikiran harus dilatih sama seperti otot lain dalam tubuh. Semakin keras Anda berpikir tentang sebuah memory, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengingatnya secara akurat. Berpikir akan membuat hubungan yang kuat dengan neuron aktif. 

12. Kita lebih cenderung untuk mengingat informasi yang disediakan dalam bentuk yang aneh, unik dan tidak biasa, seperti : font yang sulit untuk dibaca, ilustrasi yang tidak wajar, dll. 


Di atas tadi  Fakta Unik Tentang Memory Manusia yang telah tuhan anugerahkan kepada umat manusia, semoga dengan sedikit pengetahuan diatas membuat kita semakin mengenal dan bijak dalam menggunakannya sebagai wujud syukur kita.
Artikel ini adalah hasil terjemahan dari theceugroup, Suka artikel ini? Jangan lupa share ya?


1 komentar: